Kamis, 20 Agustus 2020

CARA MENDAPATKAN E-FIN PAJAK DENGAN MUDAH

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pajak menjadi tulang punggung dalam pembangunan Negara. Lebih dari 75% pengeluaran negara dibiayai dari sumber pendapatan pajak. Oleh karena itu, pemerintah sangat gencar mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya membayar pajak.

Berbagai kemudahan diberikan dalam proses pelaporan pajak. Salah satunya dengan menggunakan sistem Electronic Filing atau e-Filing Pajak. Sistem pelaporan pajak (Surat Pemberitahuan Tahunan/SPT) online ini dibuat sesuai perkembangan teknologi informasi yang marak penggunaannya di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu antre untuk proses pelaporan pajak. Wajib pajak hanya cukup sekali saja mendaftar ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mendapatkan Electronic Filing Identification Number (e-FIN). Setelah itu, baru bisa melakukannya secara online. Namun, perlu diingat Anda harus mengikuti ketentuan batas waktu pelaporan pajak yang telah ditentukan.

Manfaat dari Aktivasi e-FIN
  1. Dengan e-FIN, wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di KPP.
  2. e-FIN menjamin kerahasiaan data yang Anda masukkan ke sistem pajak online.
  3. Dengan melaporkan pajak secara online, data sudah terekam di sistem pajak. Nantinya untuk laporan pajak tahun berikutnya, tidak perlu mengulang isian dari awal lagi.
Cara Mendapatkan e-FIN Pajak dengan Mudah

Cara mendapatkan e-FIN Pajak sangat mudah dan bisa langsung digunakan dalam waktu tidak lebih dari sehari. Di bawah ini adalah tahapan-tahapan dari mekanisme wajib pajak badan usaha.
  • Masuk ke online-pajak.com/efin_login dan isi formulirnya untuk mendaftarkan akun. Kemudian, isi formulir aktivasi e-FIN yang tersedia.
  • Unduh Formulir e-FIN Anda. Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke halaman e-FIN dan dapat mengunduh formulir e-FIN. Isi dan lengkapi kemudian cetak. Lalu bawa formulir e-FIN tersebut beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat.
  • Menunjukkan yang asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berikut.
a. Wajib Pajak Badan (Kantor Pusat)
  • Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Wajib Pajak Badan.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA).
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.
b. Wajib Pajak Kantor Cabang
  • Kartu NPWP atau SKT Wajib Pajak kantor cabang.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA).
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.
c. Wajib Pajak Pribadi
  • Formulir aktivasi e-FIN pajak yang sudah dilengkapi.
  • Alamat email aktif.
  • Fotokopi dan berkas asli KTP atau KITAS/KITAP.
  • Fotokopi dan berkas asli NPWP.
Setelah mendapatkan e-FIN untuk badan (usaha) Anda, harap menjaga kerahasiaannya untuk menghindari penggunaan yang tidak sah.
  • Registrasi e-FIN Pajak badan Anda di Online Pajak dengan cara sebagai berikut.
  • Masuk ke akun Online Pajak.
  • Pilih perusahaan yang hendak Anda daftarkan e-FIN.
  • Klik “e-Filing” di menu “Pengaturan” pada navigation bar di samping kiri dan ketikkan e-FIN Anda.
Hal Penting Sebelum Melakukan e-Filing
  1. Secara umum pengisian pajak online dengan manual memiliki kesamaan. Hanya saja dengan e-Filing Pajak, wajib pajak dapat menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan secara online dan realtime melalui website e-Filing Pajak DJP Online atau aplikasi yang disediakan Application Service Provider (ASP)/Penyedia Jasa Aplikasi.
  2. Mulai 2016, e-Filing Pajak diwajibkan bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) pengguna e-Faktur untuk melakukan e-Filing SPT Tahunan Badan (Pengumuman DJP Nomor PENG-04/PJ.09/2016). e-Filing Pajak dapat melaporkan semua jenis SPT Badan yang memiliki CSV file, yaitu SPT masa PPh (kecuali PPh Pasal 25 yang tidak memiliki CSV), SPT PPN dan SPT Tahunan Badan.
  3. Proses persiapan lapor pajak online.
  4. Aplikasi e-Filing pajak online yang dapat digunakan secara gratis.
  5. Perhatikan batas waktu pelaporan pajak online badan.
  6. Pahami denda keterlambatan Lapor SPT Online.
Kebijakan mengenai e-FIN ini dibuat oleh Direktorat Jendral Pajak untuk memfasilitasi kemudahan bagi para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya tanpa harus mengantre di KPP lagi. Untuk mengetahui nominal pajak yang harus Anda bayarkan secara akurat dan menghindari adanya kesalahan pelaporan pajak maka Anda harus memiliki penghitungan pajak yang benar.

Membayar pajak dapat menunjukkan kredibilitas perusahaan. Sebuah perusahaan yang rutin membayar pajak, baik bulanan maupun tahunan akan mendapatkan nilai kredibilitas yang baik. Dari taat membayar pajak inilah yang membuat perusahaan mampu dengan mudah memperluas jaringannya. Ketika sebuah perusahaan memiliki kredibilitas baik dalam hal membayar pajak, ini artinya bahwa pengelolaan keuangan di dalam perusahaan tersebut juga baik sehingga tidak susah untuk mendapat kolega dalam hal bisnis yang menguntungkan.

Sebaliknya, perusahaan yang tak acuh terhadap pajak akan dinilai dengan kredibilitas buruk. Denda pajak yang terlambat dibayarkan sejak jatuh tempo akan dikenakan denda sebesar 2% per bulan dihitung dari tanggal jatuh tempo hingga tanggal pembayaran. Namun, jenis sanksi ini juga dapat berubah berupa kenaikan jumlah pajak yang harus dibayar dengan kisaran 50% dari pajak yang kurang dibayar.

Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :

  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)
KANTOR KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KANTOR JASA AKUNTANSI BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR AKUNTAN PUBLIK BATAM
KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
SOFTWARE ACCOUNTING BATAM
SOFTWARE KASIR BATAM
SOFTWARE POS BATAM
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN BATAM
JASA PERPAJAKAN BATAM
JASA AKUNTANSI BATAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer